definif belajar



DEFINISI BELAJAR MENURUT PARA AHLI
1.             Moh. Surya (1981:32), definisi belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksinya dengan lingkungan. bahwa pada prinsipnya, belajar adalah perubahan dari diri seseorang.

2.             Drs. Slameto (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu  itu sendiri di dalam interaksi dengan lingkungannya.

3.             Robert M. Gagne dalam buku: the conditioning of learning mengemukakan bahwa: Learning is change in human disposition or capacity, wich persists over a period time, and which is not simply ascribable to process a groeth. Belajar adalah perubahan yang terjadi dalam kemampuan manusia setelah belajar secara terus menerus, bukan hanya disebabkan karena proses pertumbuhan saja. Gagne berkeyakinan bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar diri dan faktor dalm diri dan keduanya saling berinteraksi.


4.             Dari ke tiga pokok definisi belajar menurut para ahli diatas pendapat saya definisi belajar adalah segala perubahan yang dialami dari seseorang baik mental maupun psikis dari tidak tahu menjadi tahu yang bersumber dari segala pengalaman ataupun proses yang dialami seseorang.

Komentar