Menjadi Guru Millenials

Menjadi seorang guru adalah hal yang tersulit sekaligus juga menyenangkan. Tersulit karena guru secara tidak langsung dituntut untuk mendidik calon generasi bangsa agar menjadi generasi yang bermanfaat, mampu berkarya, memiliki attitude yang baik, dll. Menyenangkan karena selalu ceria, selalu dihadapkan dengan anak anak dan remaja yang sedang bertumbuh dengan segala karakter yang mereka punya. Menjadi seorang guru haruslah adaptif dalam segala keadaan tak terkecuali di era millenials seperti sekarang. 


Era millenials ataupun bisa juga disebut era 4.0 menuntut seorang guru agar lebih adaptif, inovatif, dan kreatif dalam melakukan proses pembelajaran ataupun pemberian layanan. Anak-anak millenials cenderung lebih gampang bosan dalam melakukan sesuatu, hal itu yang menjadi alasan seorang guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran dan layanan. Tak hanya itu juga, era millenials juga menuntut pembawaan seorang guru yang lebih fleksibel, santai, kekinian, yang akan membuat peserta didik lebih nyaman dalam menerima pembelajaran. 


Era millenials merubah segala sendi sendi kehidupan tak terkecuali pendidikan. Maka dari itu pentingnya seorang guru untuk terus adaptif dalam menghadapi era ini, agar tidak tertinggal dan memberikan pelayanan secara maksimal. Jadi siap untuk menjadi seorang guru millenials? Semoga yang membaca ini termasuk kedalam guru guru keren yg selalu adaptif dalam menghadapi perubahan jaman dan bisa disebut seorang "Guru Millenials".


Adam Sakti Wirayuda 

Guru Bimbingan dan Konseling

Komentar