Cakap beradaptasi dalam pemberian layanan

Sebagai seorang guru BK, pastinya akan selalu dihadapkan suatu kasus masalah anak ataupun upaya dalam meningkatkan prestasi anak, guru BK wajib utk selalu kreatif dan berinovasi agar layanan dapat berjalan maksimal dan tepat sasaran, perlu adanya perencanaan yang matang sebelum melakukan pelayanan dan evaluasi yang harus dilakukan. 

Sebelum melakukan pelaksanaan layanan, seorang guru BK perlu untuk mengantisipasi "kalaulah strategi layanan ini tidak berhasil". kenapa harus seperti itu? Karena nyatanya menjalankan sebuah layanan tak semulus yang kita bayangkan, bisa jadi ada kerikil kerikil yang membuat layanan tidak berjalan dengan maksimal. Seperti contoh orang tua yang tidak kooperatif, guru mapel yang tak open ataupun manajemen sekolah yang tidak mau tau. Ya semua itu hanya sebagai contoh. Dari situlah kenapa seorang guru BK perlu mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Untuk menjalankan peran yang baik memang perlu perjuangan, hal tersebut sebagai ukuran bagaimana kapasitas kita dalam menangani sebuah persoalan. Guru BK perlu cakap beradaptasi agar tidak terlalu kaget. Sering mendengar sebagian para guru BK berucap bahwa pelayanan BK tak semudah teori yang kita pelajari, ya bisa dibilang benar tapi yang perlu fahami adalah teori ada adalah sebagai penuntun kita jadi kita perlu untuk mempelajari hal tersebut. Intinya adalah seorang guru BK harus cakap beradaptasi karena yang kamu pikir benar tidak menjamin layanan akan berjalan dengan maksimal. 


Komentar