Jangan terkecoh terhadap penilaian awal

Dalam pelayanan konseling sering kita menangani kasus yang bersumber dari informasi disekitarnya. Misal kita menangani kasus yang bersumber dari pelaporan seorang guru yang mengetahui anak tersebut sering telat sehingga meminta pihak sekolah untuk segera menghukumnya. Kita sebagai guru tidak bisa menerima mentah-mentah informasi tersebut perlu adanya strategi yang mendalam mengapa anak tersebut bisa datang telat kesekolah.

Sebagai seorang guru BK jika melihat contoh kasus diatas perlunya kita menggunakan layanan konseling individu, kita ciptakan suasana nyaman sehingga anak tersebut mampu bercerita permasalahanya. Kesempatan bagi kita untuk bertanya dan mencari sumber kenapa anak tersebut tersebut bisa datang terlambat kesekolah. Bisa jadi jawaban yang diberikan oleh siswa tersebut sedang membantu orang tuanya dirumah, ataupun mengantarkan adiknya kesekolah sehingga bisa disimpulkan tidak seburuk yang kita fikirkan.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa perlunya pendalaman sebuah kasus dalam penyelesaian masalah peserta didik agar kita tidak gegabah dalam memutuskan yang dapat berdampak buruk bagi anak-anak kita.

Komentar