Sekolah semakin pagi, semangat menjadi jadi, benarkah?

Harapan orang tua sangatlah besar ketika melihat anaknya berangkat dari rumah ke kesekolah ketika pagi menjelang. Hampir setiap orang tua ikut dalam membimbing anaknya dalam mengingatkan ketika anaknya kesiangan bahkan hampir semua orang tua akan menyiapkan makanan untuk sarapan kepada anak anaknya ketika waktu sekolah telah tiba, hal ini bisa dikatakan orangtua akan selalu ikut serta dalam setiap aspek kegiatan anak.

Kegiatan pagi memang sangat positif bagi seluruh umat manusia bahkan dijelaskan. Rasulullah SAW pun bersabda: “Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan”(HR Ath-Thabrani dan Al-Bazzar). Sedangkan dalam temuan kesehatan yang dikutip dari alodokter.com di jelaskan bahwa Selain untuk menjaga kesehatan fisik, bangun pagi bermanfaat untuk kesehatan mental Anda. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang bangun pagi akan lebih bahagia karena memiliki mood yang baik dan merasa lebih sehat jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki kebiasaan begadang hingga larut malam. dari kedua penjelasan diatas bangun pagi memiliki kebermanfaatan baik dari segi agama maupun kesehatan.

Yang perlu diperhatikan bagi kita semua bangun pagi akan bermanfaat jika jam tidur kita cukup 6-8 jam. Jika tidak, akan tidak bermanfaat bagi si anak itu sendiri. Anak akan tertidur di sekolah, tidak konsentrasi dalam mengikuti pelajaran yang ada.

Dalam menerapkan jam belajar jam 5 pagi perlu adanya kerjasama orang tua ataupun keluarga karena keluarga pasti akan terlibat dalam kegiatan anak dari mulai mengawasi jam tidur anak, menyiapkan bekal ketika pagi, yang secara tidak langsung akan membuat orang tua akan wajib bangun pagi juga. Kemudian jam pulang anak juga disesuaikan jangan sampai kebijakan yang dibuat akan merampas hak anak, anak anak perlu mencari ilmu lain selain disekolah karena saya yakin ada hal-hal lain yang tidak diajarkan disekolah, disisi lain bayangkan saja dari pagi buta sampai sore hari anak anak hanya belajar saja dikelas anak terasa jenuh, tidak konsentrasi, yang ada hanya berdiam diri sekolah tidak dapat mengexplore bakat dan minatnya. Kebijakan bangun pagi saya pikir sangat baik namun perlu berbagai pertimbangan dan tidak merampas hak anak

Adam Sakti Wirayuda, S. Pd.
Guru BK

Komentar